TK PANGUDI LUHUR JAKARTA SELATAN
TK Pangudi Luhur Jakarta Selatan - Jl. Haji Nawi no. 21 Cilandak Jakarta Selatan 12420 - Indonesia  Telp. & Fax.(021) 7660882
Jumat, 23 April 2021  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


23.03.2007 10:53:55 2726x dibaca.
ARTIKEL
TAK MUDAH MEMBUAT BUKU PELAJARAN YANG SESUAI DENGAN PSIKOLOGI ANAK

Menyerahkan sepenuhnya masalah pendidikan anak -- yang bersifat formal sekalipun -- hanya kepada guru di sekolah, sepertinya bukanlah sikap yang bijak. Apalagi untuk anak usia perkembangan (balita/prasekolah), justeru yang diperlukan adalah bantuan perhatian dari orangtua, dalam upaya membantu mengarahkan dan memotivasi anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.


Salah satunya, dengan cara memonitor perkembangan pelajaran yang didapat dari sekolah, termasuk ikut mengkaji apakah materi yang diajarkan pada anak sudah sesuai dengan perkembangan motorik daya pikirnya. Dengan cara ini, saya justeru banyak mendapat pengetahuan baru, bahwa tidak semua buku materi pendidikan anak -- sebagai contoh adalah buku-buku putri saya yang sekarang duduk di sekolah TK Kelompok B -- yang bisa memenuhi kualifikasi bagus. Dan Majalah Peraga Pendidikan Taman Kanak Kanak adalah yang bisa dijadikan contoh untuk peraga pendidikan yang representatif.


Meski berbentuk majalah, peraga pendidikan ini -- diterbitkan oleh Yayasan Wahyu Bhakti, Jakarta -- lebih tepat masuk kategori buku pelajaran sekolah, karena fungsinya memang sebagai buku pegangan utama murid sekolah Taman Kanak Kanak di beberapa wilayah DKI Jakarta dan beberapa kota di Sumatera, Jawa, Bali dan NTB. Kelebihan utama dari majalah peraga yang dibagikan gratis kepada murid ini (sudah menjadi satu paket dengan biaya SPP) lebih terletak pada pengalaman menjadi buku pegangan murid sekolah TK sejak tahun 1984, dan direkomendasi Kanwil Depdiknas DKI Jakarta empat tahun kemudian.


Sebagai pegangan murid yang terbit setiap bulan, dalam pandangan saya Majalah Peraga Pendidikan Taman Kanak Kanak ini mempunyai konsep penyajian dengan gradasi tingkat kesulitan yang konstan. Artinya, program Daya Pikir, Bahasa dan Ketrampilan memang disajikan dengan porsi yang sama dalam setiap edisi, tetapi pilihan tema juga terkonsep dengan jelas. Yaitu pengenalan lingkungan dari scope terkecil -- mulai dari Aku, Keluarga, Pakaian, Makanan & Minuman, Tanaman, Binatang, dan seterusnya -- sampai interaksi dengan makhluk hidup lainnya.


Dari sisi materi, majalah peraga pendidikan setebal 28 halaman ini juga tidak membosankan bagi anak usia prasekolah. Pelajaran dasar seperti belajar menyanyi, bahasa Inggris, mencocokkan & mengurut gambar, mengenal huruf & angka, mewarnai, menghitung benda, menggunting & menempel, sampai cerita pendek dan bergambar pun selalu muncul dalam setiap edisi. Sayangnya, bahasa yang dipergunakan masih terlalu baku, sehingga saat dibacakan -- oleh guru maupun orangtua -- sering kurang dimengerti oleh anak-anak.


Dan, satu kekurangan lainnya, nama tokoh dalam cerita bergambarnya rata-rata terkesan kurang mendidik, karena mengeksploitasi kekurangan fisik seseorang -- meski saya yakin ini hanya bermaksud memberi kesan lucu -- seperti Paman Ceking, Adi Gembrot atau juga Entong Gundul. Ini perlu mendapat perhatian serius, sebab jangan sampai orangtua atau pendidik justeru membiarkan hal yang kurang baik diajarkan kepada anak-anak, walau itu bersumber dari buku pelajaran sekalipun. Artinya, ini menjadi tugas kita bersama bukan ?








^:^ : IP 34.239.176.198 : 2 ms   
TK PANGUDI LUHUR JAKARTA SELATAN
 © 2021  http://tkpl-jkt.pangudiluhur.org/